PANDUAN MENDETEKSI KESALAHAN DAN KONTAMINASI DALAM PENAFSIRAN AL-QUR'AN

-
Dalam menafsirkan Al-Qur’an, seorang mufasir kerap tersandera oleh pra-pemahaman dan latar belakang keilmuan serta ideologinya.


Akibatnya, ia tidak mampu “membunyikan” Al-Qur’an secara objektif.


Ketika objektivitas penafsiran tergadaikan, hasil penafsirannya akan jauh panggang dari api.


Al-Qur’an tidak lagi dapat “berbicara” tentang dirinya, tapi justru semakin menjauh dari pesan-pesan universalnya.


Keadaan itu kian memprihatinkan ketika di dalam kitab-kitab tafsir ditemukan sejumlah sumber data penafsiran yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, semacam riwayat isra’iliyat, hadis palsu, dan pendapat para pendahulu yang tak jelas asal-usulnya.


Inilah yang dikenal dengan ad-dakhîl fi at-tafsîr (infiltrasi penafsiran).


Secara sederhana, ad-dakhîl dapat dipahami sebagai sebuah data yang tidak ada sangkut pautnya dengan tafsir Al-Qur’an, hanya saja dimasukkan—secara sengaja atau tidak—ke dalam kitab tafsir sehingga bagi pembaca (terutama awam) data tersebut dianggap sebagai bagian dari tafsir Al-Qur’an, padahal sejatinya tidak.


Lalu bagaimana cara mengetahui adanya ad-dakhîl dalam tafsir yang kita baca? Apa saja yang bisa dikategorikan ad-dakhîl dalam tafsir?


Buku ini hadir untuk menjawabnya dengan merujuk pada kitab ad-Dakhîl fi Tafsîr al-Qur’ân al-Karîm karya ilmuwan Al-Qur’an Abd al-Wahhâb Fâyed (1936–1999).

Tentang Penulis


Muhammad Ulinnuha menempuh pendidikan dasar dan menengah pertama di kampung halamannya, Solokuro Lamongan, melalui sebuah lembaga yang bernama Madrasah Miftahul Ulum.


Sementara pendidikan menengah atas ditempuh di sebuah kampung pesisir tak jauh dari rumahnya, tepatnya di MAK PP. Tarbiyatut Tholabah, Kranji Paciran Lamongan.


Setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas, M. Ulinnuha melanjutkan studinya di LIPIA Jakarta (2000-2002), sebelum akhirnya mendapatkan beasiswa studi S-1 ke Universitas Al-Azhar Kairo (20022006).


Di negeri siribu menara inilah, Cak Ulin, demikian panggilan akrabnya, berhasil mereguk kearifan, keteladanan dan kedalaman ilmu para ulamanya dalam berbagai bidang ilmu, khususnya disiplin Tafsir dan ‘Ulumul Qur’an.


Saat ini, selain menjalankan amanat sebagai Dekan Fakultas Ushuluddin & Dakwah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta, ia pun aktif mengajar di IIQ Jakarta, UNUSIA Jakarta, STIQ Al-Hikam Depok, Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) dan beberapa perguruan tinggi dan majelis ilmu lainnya.


Selain mengajar, sebagai aktivitas utamanya, peraih Juara I dan Dewan Hakim Cabang Menulis Makalah Al-Qur’an (MMQ) MTQ Nasional ini juga aktif mengikuti seminar, baik nasional maupun internasional, baik sebagai peserta maupun pembicara.


Di samping itu, ia juga banyak terlibat di berbagai organisasi, baik organisasi keilmuan di lingkungan kampus, maupun organisasi sosial-religio kemasyarakatan, seperti di MUI dan NU.


Tak hanya itu, Sekum Pengurus Pusat Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) ini juga kerap meneliti, menulis artikel di berbagai media dan jurnal ilmiah, mengedit, menerjemahkan dan juga menulis buku.
-

Daftar Isi

-
-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Ad-Dakhil Fit-Tafsir

Penulis : Dr. Muhammad Ulinuha

Penerbit : Qaf

Ukuran : 15 x 23 cm

Tebal : 215 Halaman

Cover : Soft Cover

ISBN : 978-602-5547-39-3

Kenapa Anda Harus Memiliki Buku ini?

Buku ini ditulis oleh seorang akademisi di bidang tafsir, yakni Dr. Muhammad Ulinuha
Buku ini merupakan salah satu alternatif dalam membuka gerbang tafsir Al-Qur'an.
Membantu para mufasir untuk mampu menafsirkan Al-Qur'an dengan lebih objektif, membantu agar hasil tafsirannya bisa bersifat universal.
Ad-Dakhil fit-Tafsir ini merupakan cara mendeteksi adanya infiltrasi dan kontaminasi dalam penafsiran Al-Qur'an.
Buku ini disusun dengan bahasa khas akademisi yang baku.

Testimoni Pelanggan Kami

-
-
-

Pengiriman Barang Setiap Hari

-
-

Berapa Harga Untuk Buku ini?

Berapa Harganya?

318 Ribu


Untuk Hari ini Saja!!

DISKON 50%



Hanya 159 Ribu



Promo akan berakhir dalam :

11JAM
15MENIT
5DETIK

SEGERA PESAN SEKARANG KARENA PROMO TERBATAS DAN AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

Sebagian keuntungan bersih diwakafkan untuk pembebasan lahan Pesantren Penghafal Al - Qur'an Gratis Darul Maula yang berlokasi di Limbangan Garut Jawa Barat

-
-
-
-
-
-

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
-