ADAB BERPOLITIK : NASIHAT DAN HIKAYAT UNTUK PEMIMPIN DAN PENGUASA

-
Seorang ulama pernah diundang seorang khalifah (raja). “Berilah aku nasihat,” pinta sang raja.


Lantas sang alim bercerita: Di sebuah negeri nun jauh hidup seorang raja adil dan mencintai rakyatnya. Suatu ketika ia sakit telinga hingga tuli, lalu ia menangis.


Sang penasihat bertanya, “Mengapa engkau menangis, Paduka?”


“Aku menangis bukan karena sakitku, tapi karena aku tidak mampu lagi mendengarkan keluhan rakyatku yang meminta pertolongan di depan singgasanaku.”


Mendengar hal itu, sang penasihat memerintahkan rakyatnya agar memakai baju merah untuk memberitahu sang raja bahwa orang tersebut sedang kesulitan.”


Begitulah kisah demi kisah mengalir dalam buku ini yang diperkuat dengan petuah yang menggugah akal dan menggedor hati.


Meski bukan rujukan ilmu politik bagi para penguasa, namun kandungan kitab klasik ini sarat dengan etika berpolitik yang berharga, seperti tersirat dalam judul aslinya al-Tibru al-Masbuk fi Nashihat al-Muluk (Emas yang Didesain untuk Nasihat bagi Para Penguasa).


Mulanya ditujukan kepada Sultan Muhammad ibn Malik Syah dari Dinasti Saljuk, tapi isinya terus menginspirasi lintas generasi.


Diulas luas dua poin utama: pertama, kekuatan akidah tauhid bagi pemimpin; kedua, keindahan moral, keadilan, keutamaan ilmu dan ulama.


Krisis penguasa berakar dari krisis ulama.


Ulama bisa jadi agen perubahan dalam perbaikan pemerintahan.


Lewat buku ini, Imam al-Ghazali mengambil peran itu: tampil untuk reformasi moral kekuasaan pada masanya.


Baginya, penguasa dan ulama merupakan dua pilar penting untuk memakmurkan masyarakat.


“Seorang pemimpin adil,” kutipnya, “lebih utama daripada ahli ibadah seratus tahun.”


Sebab, keadilan pemimpin merupakan prasyarat untuk kesejahteraan masyarakat, di dunia dan akhirat.

Tentang Penulis


Al-Ghazali lahir pada 450 H atau antara Maret 1058 hingga Februari 1059 M dengan nama asli Abu Hamind ibn Muhammad Al-Ghazali.


Al-Ghazali atau dikenal sebagai Algazel oleh orang Barat, adalah teolog Muslim, ahli hukum, filsuf, dan seorang mistik dari Persia.


Selama hidup al-Ghazali ia menulis lebih dari 70 buku tentang sains, filsafat Islam, dan tasawuf.


Al-Ghazali menerbitkan bukunya The Incoherence of Philosophers, hal ini ditandai sebagai titik balik dalam epistemologi Islam.


Pandangan skeptisismenya membuat Al-Ghazali membentuk keyakinan bahwa semua peristiwa dan interaksi bukanlah produk dari konjungsi material, melainkan kehendak Tuhan yang hadir dan langsung.
-

Daftar Isi

-
-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Adab Berpolitik

Penulis : Imam Al-Ghazali

Penerbit : Qaf

Ukuran : 15 x 23 cm

Tebal : 319 Halaman

Cover : Soft Cover

ISBN : 978-602-5547-83-6

Bagaimana Buku ini Membantu Anda?

Pemahaman Mendalam tentang Kepemimpinan Adil: Buku ini memberikan wawasan yang mendalam tentang apa artinya menjadi pemimpin yang adil dan bijaksana, sebuah prinsip penting dalam Islam dan semua aspek kehidupan.
Nasihat Berharga dari Cendekiawan Besar: Imam Al-Ghazali adalah salah satu cendekiawan paling berpengaruh dalam sejarah Islam, dan bukunya ini menawarkan nasihat yang berharga yang telah teruji oleh waktu.
Aplikasi Praktis dalam Konteks Modern: Meskipun ditulis berabad-abad yang lalu, prinsip-prinsip yang disajikan dalam buku ini masih sangat relevan dan dapat diterapkan dalam konteks kepemimpinan modern.
Menginspirasi Perubahan Positif: Buku ini bisa menjadi sumber inspirasi bagi pemimpin dan calon pemimpin untuk menciptakan perubahan positif dan membangun masyarakat yang lebih adil dan sejahtera.
Menyediakan Pandangan Holistik tentang Politik: Al-Ghazali menyajikan pandangan yang holistik, menekankan pentingnya moralitas, keadilan, dan ulama dalam politik, yang penting untuk pemimpin dan penguasa.
Panduan Etika dan Moral untuk Pemimpin: Buku ini merupakan panduan etika dan moral yang penting, terutama bagi mereka yang terlibat dalam politik dan pemerintahan.

Testimoni Pembaca

"Buku 'Adab Berpolitik' oleh Imam Al-Ghazali telah menjadi inspirasi dan pedoman bagi saya dalam beraktivitas di masyarakat. Pesan tentang pentingnya keadilan dan moralitas dalam kepemimpinan sangat relevan dengan kondisi politik saat ini. Kisah-kisah yang disajikan tidak hanya menghibur tetapi juga mengajarkan nilai-nilai yang mendalam tentang bagaimana seharusnya seorang pemimpin bersikap terhadap rakyatnya. Ini adalah buku wajib bagi siapa saja yang ingin melihat perubahan positif dalam sistem politik kita."
Fatima, Aktivis Sosial
"Dalam studi saya tentang teori politik, jarang sekali menemukan karya yang menggabungkan aspek spiritualitas dengan politik sebagaimana 'Adab Berpolitik'. Imam Al-Ghazali telah menyajikan suatu pandangan yang unik tentang bagaimana akidah dan moralitas harus menjadi fondasi dalam berpolitik. Buku ini telah membuka mata saya tentang pentingnya ulama dan pemimpin dalam membentuk masyarakat yang adil dan sejahtera. Ini adalah sumber yang kaya akan ilmu dan inspirasi."
Ahmad, Mahasiswa Ilmu Politik
"Saya menggunakan 'Adab Berpolitik' sebagai referensi dalam mengajar sejarah politik Islam kepada siswa-siswa saya. Kandungan bukunya yang kaya, yang tidak hanya mengisahkan tentang penguasa-penguasa masa lalu tetapi juga nasihat dan hikmah yang timeless, menjadikan buku ini sangat berharga. Melalui buku ini, siswa saya dapat memahami pentingnya kepemimpinan yang adil dan beretika dalam konteks sejarah dan kontemporer."
Rahmi, Pengajar Sejarah
"Menulis tentang politik dan kepemimpinan sering kali menuntut saya untuk memberikan analisis yang tidak hanya tajam tetapi juga memberikan solusi. 'Adab Berpolitik' Imam Al-Ghazali memberikan kedalaman pemikiran dan solusi atas banyak masalah kepemimpinan masa kini. Melalui tulisan saya, saya sering merujuk kepada buku ini untuk menunjukkan bagaimana prinsip-prinsip kepemimpinan yang baik dan adil dapat diterapkan dalam kehidupan politik modern."
Sofyan, Penulis Kolom
"Kami mengadakan klub baca yang membahas buku-buku tentang kepemimpinan dan etika, dan 'Adab Berpolitik' menjadi salah satu bacaan yang paling berkesan dan menginspirasi bagi anggota kami. Diskusi tentang bagaimana Imam Al-Ghazali menggambarkan hubungan antara pemimpin, ulama, dan masyarakat memberikan perspektif baru tentang pentingnya etika dan moral dalam politik. Buku ini telah membantu kami memahami bahwa pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu mengutamakan keadilan dan kesejahteraan rakyatnya di atas segalanya."
Diana, Pegiat Literasi

Berapa Harga yang Pantas untuk Buku ini?


Rp. 318.000


Hanya untuk Anda ''Diskon 50%''




159 Ribu



Klik Tombol di Bawah Untuk Pemesanan Via WhatsApp Secara Otomatis Tanpa Harus Mengetik. Pesan Sekarang Juga Stok Terbatas!

-

SEBAGIAN KEUNTUNGAN AKAN DIGUNAKAN UNTUK

AKTIFITAS SOSIAL DAN DIWAKAFKAN PADA YANG BERHAK

MEMBELI SAMA DENGAN BERWAKAF

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.
Social Media
Alamat
PT. Sanampan Kaya Bahagia Sanampan Office, Kp. Tabrik Desa Sindanglaya No. 11 RT. 02 RW. 08 Kec. Karangpawitan Garut Jawa Barat
081776977168
081776977168
sanampanoffice@gmail.com
Metode Pengiriman
-
-
@2024 sanampanbook Inc.