PANDUAN MEMBUAT ALTERNATIF PAKAN FERMENTASI UNTUK MEMAKSIMALKAN PANEN TERNAK RUMINANSIA (KAMBING, DOMBA, SAPI, KERBAU)

-
Bahan pakan ternak sesungguhnya berlimpah terutama yang tersedia secara lokal di sekitar peternak.


Akan tetapi, upaya pemanfaatan bahan baku pakan tersebut masih mengalami kendala yaitu tingginya kandungan serat kasar, rendahnya kandungan protein kasar, keseimbangan asam amino yang rendah, dan adanya zat anti nutrisi.


Hal ini menyebabkan perlunya pengolahan bahan baku pakan lokal tersebut sebelum digunakan sebagai bahan pakan ternak.


Salah satu cara pengolahan yang dapat dilakukan adalah dengan melalui fermentasi.


Fermentasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan manfaat dari hijauan pakan berserat tinggi dengan cara peningkatan nilai kecernaan pakan tersebut melalui pengolahan secara biologis dengan memanfaatkan mikroorganisme.


Fermentasi merupakan cara pengolahan pakan dalam rangka pengawetan bahan sehingga bahan pakan dapat lebih lama disimpan.


Inilah yang memberikan nilai ekonomi bahan pakan menjadi jauh lebih baik.


Buku ini dilengkapi dengan video cara membuat pakan fermentasi komplit dan membuat fermentasi jerami untuk ternak ruminansia.


Selamat membaca!

Sekilas Tentang Penulis

Ir. Norbertus Kaleka dilahirkan di Dimu Galipe, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.


Pendidikan dasar hingga menengah penulis selesaikan di pulau kelahirannya.


Penulis meraih gelar insinyur dari Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada tahun 1991.


Setelah menamatkan studinya, bekerja di bidang agrobisnis dan komunikasi pemasaran di Jakarta dan pernah bekerja dalam sebuah kelompok media terbesar di Indonesia.


Penulis menikah dengan Margaretha Tri Murjanti dan dikaruniai dua putra: Atanasius Tora Rangga Kaleka dan Emanuel Adventino Ramanunggala Kaleka.


Kini, penulis berdomisili di Solo, Jawa Tengah, dan mengelola penerbitan buku di bidang agrobisnis.


Sejak mahasiswa hingga sekarang, penulis masih terus menulis artikel tentang pertanian, pangan, gizi, lingkungan hidup, dan hobi.
-

Daftar Isi

-
-

Spesifikasi Buku

-
Judul : Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia Kambing, Domba, Sapi, dan Kerbau

Penulis : Ir. Norbertus Kaleka

Halaman : 159 Halaman

Ukuran : 14 x 20 cm

Sampul : Soft Cover

Penerbit : Pustaka Baru Press

ISBN : 978-6023-762620

Bagaimana Buku ini Membantu Anda?

Meningkatkan produktivitas ternak: Dengan membuat pakan fermentasi dan jamu unggas yang tepat, maka kesehatan dan produktivitas ternak dapat meningkat sehingga hasil ternak dapat optimal.
Hemat biaya: Dengan membuat pakan fermentasi dan jamu unggas sendiri, Anda bisa menghemat biaya dalam pembelian pakan atau obat-obatan untuk ternak.
Penerapan yang mudah: Buku ini dilengkapi dengan panduan yang mudah dipahami sehingga Anda bisa menerapkannya dengan mudah dan tanpa perlu keahlian khusus.
Solusi alami: Pakan fermentasi dan jamu unggas terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan kimia sehingga lebih aman dan ramah lingkungan.
Mendukung pertanian organik: Dengan menggunakan pakan fermentasi dan jamu unggas yang alami, Anda turut mendukung pertanian organik dan membantu menjaga keseimbangan alam.

Testimoni Pembaca

"Saya sudah lama mencari cara untuk meningkatkan kualitas pakan bagi ternak kambing saya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. 'Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia' menjadi jawabannya. Metode fermentasi yang dijelaskan sangat praktis dan ekonomis. Setelah menerapkan teknik dari buku ini, saya melihat peningkatan signifikan pada kesehatan dan produktivitas ternak saya. Video tutorialnya juga sangat membantu!"
Budi, Peternak Kambing
"Buku ini merupakan panduan luar biasa yang mengedepankan solusi berkelanjutan dalam peternakan. Dengan fokus pada pakan fermentasi, buku ini tidak hanya membantu dalam menurunkan biaya pakan tetapi juga mendukung praktik peternakan yang ramah lingkungan. Saya merekomendasikan buku ini kepada setiap peternak yang ingin meningkatkan keberlanjutan usahanya."
Anita, Penggiat Agrikultur
"Sebagai pemilik usaha peternakan sapi, menemukan cara inovatif dan efisien dalam menyediakan pakan adalah prioritas utama. Buku 'Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Ruminansia' memberikan saya pengetahuan yang diperlukan untuk melakukannya. Hasilnya luar biasa, sapi-sapi saya lebih sehat dan produksi susu meningkat. Buku ini wajib dibaca bagi siapa saja yang berkecimpung dalam industri peternakan."
Dian, Pemilik Usaha Peternakan Sapi
"Dari perspektif akademis, buku ini menawarkan pendekatan yang berbasis ilmiah dalam pengolahan pakan ternak. Proses fermentasi sebagai solusi untuk mengatasi keterbatasan pakan lokal adalah inovasi yang patut diapresiasi. Saya menggunakan buku ini sebagai referensi dalam mengajar mahasiswa tentang teknologi pakan yang berkelanjutan. Ini adalah sumber daya yang berharga untuk komunitas akademik dan praktisi peternakan."
Rahman, Akademisi Pertanian
"Implementasi pakan fermentasi berdasarkan panduan dari buku ini telah mengubah cara saya memandang nutrisi ternak. Dulu saya sering kesulitan mendapatkan pakan berkualitas dengan harga terjangkau. Kini, saya bisa memproduksi pakan fermentasi sendiri yang tidak hanya ekonomis tapi juga meningkatkan kualitas daging domba. Instruksi yang jelas dan video tutorial membuat proses pembuatan pakan menjadi mudah dan menyenangkan. Buku ini adalah teman terbaik para peternak!"



Siti, Peternak Domba

Berapa Harga Untuk Buku Langka Ini?

Berapa Harganya?

318.000

Khusus Hari ini Saja!!



DISKON 50%



Hanya 159Ribu



SEGERA PESAN SEKARANG KARENA STOK TERBATAS DAN PROMO AKAN BERAKHIR TANPA ADA PEMBERITAHUAN TERLEBIH DULU!!

-

SEBAGIAN KEUNTUNGAN AKAN DIGUNAKAN UNTUK

AKTIFITAS SOSIAL DAN DIWAKAFKAN PADA YANG BERHAK

MEMBELI SAMA DENGAN BERWAKAF

Garansi dan Pengiriman

-
Bisa COD / Bayar Di Tempat
Malas ke ATM dan tidak Punya Internet Banking..? atau Anda lebih nyaman bayar ketika barang sudah sampai? Tenang.. dengan berbelanja di toko kami, Anda bisa membayarnya setelah barang sampai alias COD. Transaksi Dijamin 100% AMAN!
-
Garansi Uang Kembali
Apabila barang yang di terima cacat / rusak / tidak sesuai gambar / tidak sesuai pesanan, bisa dikembalikan / direturn. Dan Garansi 100% Uang Kembali, jika barang tidak sampai.